Freya-Tocchy

Virus trojan diketahui dapat memanfaatkan smartphone Android layaknya perangkat botnet. Artinya, peretas dapat menginstruksikan perangkat yang terinfeksi tersebut untuk berbuat sesuai keinginannya, seperti mengirim e-mail, spam, termasuk menyebarkan virus ke teman-temannya.

Virus itu dinamakan 'Geinimi' berdasarkan inkarnasi pertama yang diketahui. "Trojan ini dapat mencuri sejumlah besar data pribadi pengguna dan mengirimkannya ke beberapa remote server," kata LookOut Mobile Security dalam keterangannya, yang dikutip VIVAnews dari Cellular News.

lalu ada lagi nigh sumbernya....

Menurut NetQin yang dikutip detikINET dari Cellular News, Minggu (29/5/2011), ada 2,53 juta pengguna Android yang terinfeksi virus dan program jahat lainnya pada kuartal pertama 2011.

Ponsel Android yang menjadi sasaran penjahat cyber didominasi oleh 'white box phone'. Ini merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut ponsel terbuka yang tidak terikat oleh carrier tertentu.

Ponsel 'kotak putih' ini dianggap memiliki celah lantaran banyak yang menjalankan software mobile yang tidak update serta tidak dilengkapi dengan dukungan sistem keamanan dari carrier.

Adapun versi Android yang paling banyak terinfeksi adalah yang menjalankan Froyo alias Android OS versi 2.2 dengan presentase 45%. Diikuti dengan Eclair (Android OS V2.1) dan Gingerbread (Android OS V2.3) dengan masing-maisng 34% and 16%.

Hm... ternyata HP android jadi sasaran Virus juga yah??? Tenang aja sob, tetap ada antivirusnya.

Cobain nih antivirus untuk hp android ::
AntiVirus Free, AV Norton Moble

| KAV KIS Key |

Related Post: